Tuesday, January 7, 2020

Novalgin : Obat Ampuh Untuk Meredakan Nyeri Akibat Peradangan

Novalgin : Obat Ampuh Untuk Meredakan Nyeri Akibat Peradangan


Pernahkah anda mengalami radang ? radang merupakan kondisi yang sangat sering dialami. Radang sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti radang tenggorokan, radang kulit, dan sebagainya. Menurut sudut pandang ilmiah, radang merupakan respon dari suatu organisme terhadap patogen atau zat asing yang masuk kedalam tubuh. Radang juga bisa timbul akibat terjadinya cedera pada salah satu bagian tubuh yang bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti karena terbakar atau karena terpapar infeksi. Radang juga merupakan respon utama sistem kekebalan tubuh manusia terhadap infeksi maupun iritasi yang terjadi.

Radang memiliki tiga peranan penting dalam perlawanan tubuh terhadap infeksi, yaitu :
  • Memungkinkan penambahan molekul dan sel efektor ke lokasi infeksi untuk meningkatkan performa makrofaga.
  • Menyediakan rintangan untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi.
  • Mencetuskan proses perbaikan untuk jaringan yang mengalami kerusakan.


Tetapi, meskipun radang merupakan salah satu dari mekanisme pertahanan tubuh, jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera ditangani, peradangan yang terjaid bisa berkembang menjadi penyakit serius. Oleh karena itu, ketika seseorang mengalami gejala peradangan seperti timbulnya rasa nyeri pada beberapa anggota tubuh, segera berikan obat anti peradangan untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Salah satu obat yang bisa anda gunakan untuk meredakan rasa nyeri adalah novalgin. Novalgin merupakan obat yang sering digunakan utnuk meredakan rasa nyeri, peradangan, serta demam.

Novalgin termasuk kedalam golongan obat NSAID atau obat anti radang non steroid. Obat ini mengandung metamizole natrium yang sering digunakan untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan, demam, sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, keseleo, dan otot tertarik. Novalgin digunakan dengan cara diminum atau diteteskan sesuai dengan aturan dokter ataupun berdasarkan petunjuk yang tertera pada kemasan obat. Novalgin juga merupakan salah satu jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab seperti di kamar mandi.

Dosis novalgin untuk orang dewasa
  • 3 - 4 tablet per hari atau 2 - 4 sendok makan per hari untuk sediaan sirup.


Dosis novalgin untuk anak - anak
  • Untuk penggunaan terhadap pasien anak, biasanya dianjurkan untuk menggunakan sediaan dalam bentuk sirup maupun obat tetes. Ikutilah petunjuk dan dosis yang tertera pada kemasan obat.


Efek samping

Sama seperti jenis obat-  obatan lainnya, novalgin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping akibat penggunaan obat novalgin. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan novalgin, yaitu :
  • Pusing
  • Mual
  • Alergi
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan pada komposisi darah




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search